Pengertian Larutan Garam

Apa larutan garam?

Larutan garam adalah campuran garam dan air. Larutan garam normal mengandung 0,9 persen natrium klorida (garam), yang mirip dengan konsentrasi natrium dalam darah dan air mata. Larutan saline biasanya disebut saline normal, tetapi kadang disebut saline fisiologis atau isotonik.

Saline memiliki banyak kegunaan dalam pengobatan. Ini digunakan untuk membersihkan luka, membersihkan sinus, dan mengobati dehidrasi. Ini dapat diterapkan secara topikal atau digunakan secara intravena. Larutan garam tersedia di apotek sekitar Anda, tetapi juga bisa dibuat di rumah. Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat menghemat uang dengan membuat saline sendiri.

Cara membuat Larutan garam buatan sendiri

Larutan garam mudah dibuat dan dapat dilakukan menggunakan barang-barang yang sudah Anda miliki di dapur. Kamu akan membutuhkan:

keran air

garam meja atau garam laut halus (bebas yodium)
panci atau mangkuk tahan microwave dengan penutup
toples bersih
gelas ukur dan sendok teh
soda kue (opsional)
Sebelum Anda mulai, siapkan toples untuk menyimpan larutan garam Anda. Cuci toples dan tutupnya dengan air panas dan sabun atau alirkan melalui mesin pencuci piring. Ini akan membantu mencegah bakteri mengkontaminasi larutan Anda.

Metode kompor

Rebus dengan 2 gelas air tertutup selama 15 menit.
Biarkan dingin hingga mencapai suhu kamar.
Tambahkan 1 sendok teh garam.
Tambahkan 1 sejumput soda kue (opsional).
Aduk hingga larut.
Dinginkan dalam wadah kedap udara hingga 24 jam. (Setelah itu, harus dibuang.)
Tambahkan 2 cangkir air ke wadah tahan microwave.
Campurkan 1 sendok teh garam.
Microwave, tutup, selama 1 sampai 2 menit.
Biarkan dingin.
Tempatkan di toples bersih.
Dinginkan hingga 24 jam.
Metode microwave
Metode stovetop lebih steril dibandingkan dengan microwave, karena airnya sudah direbus. Akan tetapi, untuk kedua metode ini, bakteri dapat mulai tumbuh setelah 24 jam.

Jika Anda menginginkan versi yang lebih steril dan tahan lama, Anda dapat menggunakan air suling. Air suling dapat dibeli di apotek atau toko bahan makanan Anda. Bisa juga untuk menyaring air di rumah.

Metode suling

Tambahkan 8 sendok teh garam meja ke 1 galon air suling.
Dinginkan hingga 1 bulan, Kegunaan untuk solusi Anda:

Irigasi hidung

Larutan garam membuat pencuci hidung yang sangat baik. Ketika dibilas melalui saluran hidung, larutan garam dapat menghilangkan alergen, lendir, dan kotoran lainnya. Irigasi hidung dapat meredakan gejala hidung tersumbat dan membantu mencegah infeksi sinus.

Neti pot atau bohlam hidung dapat mempermudah irigasi hidung. Anda juga dapat menggunakan barang-barang dari sekitar rumah Anda seperti pemanggang kalkun atau botol semprot. Pastikan untuk mencuci barang-barang ini secara menyeluruh dengan air sabun panas atau alirkan melalui mesin pencuci piring.

Untuk membersihkan sinus Anda:

Tahan kepala Anda di atas wastafel atau mandi.
Miringkan kepala Anda ke kanan.
Tuang atau peras larutan garam ke dalam lubang hidung kiri (larutan akan keluar dari lubang hidung kanan Anda).
Ulangi di sisi yang berlawanan.
Sesuaikan posisi kepala Anda jika air mengalir ke bagian belakang tenggorokan Anda.

 

Tindik
Merendam tindikan baru dalam larutan garam adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi. Saline membantu membersihkan sel-sel mati dan kotoran lain yang dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan kerak dan benjolan. Pemanasan garam membantu meningkatkan aliran darah ke situs.

Rendam tindikan baru dalam larutan garam hangat selama 5 menit sekali atau dua kali sehari. Suhu garam harus kira-kira sama dengan suhu kopi panas.

Tergantung di mana tindikan Anda berada, Anda bisa meletakkan garam di dalam cangkir, mangkuk, atau gelas. Anda juga bisa merendam kain bersih dan mengoleskan kain tersebut ke tempat tindikan. Setelah merendam tindikan, bilas dengan air bersih.

Luka

Saline dapat digunakan untuk membantu membersihkan luka dan luka yang tidak rumit. Menuangkan garam pada luka dapat membantu membersihkan benda asing dan bakteri, mengurangi kemungkinan infeksi. Larutan garam normal tidak akan menyengat atau membakar luka.

Meskipun larutan garam adalah pilihan yang baik untuk membersihkan luka, penelitianTrusted Source telah menunjukkan bahwa air keran yang mengalir bekerja dengan baik.

Lendir

Anak-anak dengan gangguan attention deficit hyperactivity atau kecemasan sangat diuntungkan dari proyek terstruktur yang mendorong pemecahan masalah, kontrol motorik, dan fokus.

Berikut ini adalah resep slime saline yang mudah, menyenangkan, dan dapat disesuaikan.

Anda akan perlu:

lem
air
larutan garam
soda kue
pewarna makanan (opsional)
kilau (opsional)
mangkuk dan sendok pengaduk
sendok teh
gelas pengukur
Untuk membuat lendir garam:

Campurkan 1/2 cangkir air dan 1/2 cangkir lem dalam mangkuk.
Tambahkan 1 sendok makan larutan garam.
Tambahkan 1/2 sendok teh soda kue.
Campurkan pewarna makanan dan kilau (opsional).
Aduk hingga kental, lalu uleni dengan tangan.
Hal-hal yang harus diperhatikan
Saline adalah larutan ringan dan biasanya tidak berbahaya, tetapi bisa terkontaminasi oleh bakteri. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Cuci tangan Anda sebelum mencampur dan mengoleskan larutan garam.
Kecuali Anda menggunakan air suling, buang garam setelah 24 jam.
Jangan minum garam.

Gunakan garam meja atau garam laut halus, Garam kasar tidak larut dengan baik dan dapat menyebabkan iritasi.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang kekhawatiran yang mungkin Anda miliki, terutama yang berkaitan dengan luka.

Leave a Comment

error: Content is protected !!