Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis – Gimana kabarnya teman-teman pada kesempatan kali ini admin akan membahas secara tuntas materi tentang komunikasi bisnis mulai dari materi umum, unsur, proses, fungsi, manfaat, bentuk dan contohnya sebelum mulai lanjut alangkah baiknya jika kita mengupas dulu apa sih sebenarnya yang dimaksud komunikasi ya kalau begitu jawabannya hampir benar semua
Secara umum komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi komunikasi memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada ada lawan bicaranya.

Oleh karena itu komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dapat dimengerti dan diterima oleh orang lawan bicara selain dengan cara verbal komunikasi juga bisa dilakukan dengan bahasa tubuh melalui gestur untuk menyampaikan tujuan tertentu

Materi komunikasi bisnis

Komunikasi adalah ah lu buah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa yang umum baik dengan simbol-simbol sinyal maupun perilaku atau tindakan menurut William C. Himstreet dan Wayne Murlin Batu dalambusines comunications.

Komunikasi sejatinya menyebabkan dua orang atau lebih menggunakan cara cara melalui lisan tulisan, maupun sinyal sinyal nonverbal.

Pengertian komunikasi bisnis

Pengertian komunikasi bisnis adalah pertukaran pendapat informasi, gagasan an-nas instruksi yang melalui tujuan tertentu baik itu disajikan secara personal atau impersona melalui simbol-simbol, sinyal atau tindakan.
Pendapat lain mengenai pengertian komunikasi bisnis adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi di antara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif dan menimbulkan efek tertentu sesuai yang diharapkan, misalnya komunikasi persepsi dan apresiasi.

Adapun beberapa berikut ini pengertian komunikasi bisnis yang telah kami rangkum dari beberapa sumber yang terpercaya.
komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang digunakan untuk membangun partnership sumber daya intelektual dengan tujuan untuk mempromosikan satu gagasan: suatu produk, service, atau organisasi sasarannya untuk menciptakan nilai bisnis yang di jalankan.

padahal ini komunikasi bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal eksternal ilmu komunikasi internal adalah komunikasi visi person atau perusahaan strategi rencana rencana, budaya perusahaan, nilai dan prinsip dasar perusahaan motivasi karyawan, gagasan-gagasan dan lain-lain.

sedangkan yang dimaksud komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan hubungan pelanggan hubungan-hubungan media negosiasi bisnis dan lain-lain bagaimanapun bentuknya semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan suatu nilai bisnis ( create bysiness value )
komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal

Komunikasi bisnis merupakan proses pertukaran pesan atau informasi agar mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja dalam sebuah struktur organisasi dalam kegiatan komunikasi bisnis ini tentang sebaiknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga harus persuasif agar pihak lain bersedia menerima sebuah pemahaman dan keyakinan untuk melakukan suatu perbuatan yang diinginkan

Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi antar antar pribadi maupun komunikasi lintas budaya karena komunikasi antar pribadi ialah interpersonal komunikasi adalah bentuk komunikasi yang lazim dijumpai di kehidupan sehari-hari yang terdiri dari dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.masing-masing memiliki budaya yang berbeda.

Pengertian komunikasi bisnis yang terakhir adalah ah waktu komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang didalamnya terdiri dari berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal yang bertujuan melakukan sebuah kegiatan tertentu.

Pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli

pengertian bisnis menurut para ahli berikut beberapa pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli yang telah kami rangkum dari sumber terpercaya

  1. Katz

Menurut Katz, komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial. Artinya, komunikasi tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan untuk terjadi perdagangan.

2.  Djoko Purwanto

Dalam bukunya, Djoko Purwanto berpendapat bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang terdiri atas berbagai macam bentuk komunikasi, baik verbal maupun non verbal untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan kepentingan bisnis pelaku komunikasi tersebut.

3. Rosenbalt

Menurut Rosenbalt, komunikasi bisnis merupakan sebuah proses pertukaran ide-ide atau opini, informasi, perintah dan sejenisnya, yang diutarakan baik secara personal ataupun tidak melalui tanda-tanda atau simbol tertentu demi mencapai tujuan-tujuan perusahaan tertentu.

4. William C. Himstreet

Menurut William C. Himstreet bersama koleganya, komunikasi merupakan sebuah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (dipakai, dikenal, digunakan) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan (yang dapat dipahami oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut).

5. Wyne Murlin Baty

Wyne Murlin Baty adalah orang yang membantu Himstrees merumuskan tentang komunikasi bisnis. Seperti rekannya, ia juga berpendapat bahwa komunikasi merupakan sebuah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (dipakai, dikenal, digunakan) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan (yang dapat dipahami oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut).

6. William Albig

Menurut Albig, komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran gagasan, pendapat, informasi, perintah tertentu yang memiliki tujuan tertentu (berhubungan dengan masalah bisnis) baik secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

7. Persing

Menurut pandangan Persing, komunikasi bisnis merupakan suatu proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang memiliki hubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi untuk membayar seseorang untuk memproduksi barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan.

8. Curtis

Menurut Curtis, komunikasi bisnis merupakan suatu komunikasi yang dilakukan di dalam organisasi bisnis dalam rangka memecahkan masalah dan membuat keputusan.

9. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, salah satu ilmuwan yang menjadi rujukan dalam dunia manajemen dan pemasaran, komunikasi bisnis merupakan kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan (seseorang) melalui proses pertukaran.

10. Hughess dan Kapoor

Menurut Hughess dan Kapoor, komunikasi bisnis merupakan kegiatan atau usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang-jasa guna mendapatkan keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

11. Anwar Arifin

Menurut Anwar Arifin, komunikasi bisnis adalah konsep yang memiliki banyak makna makna. Makna-makna tersebut dapat dibedakan dengan melihat komunikasi bisnis sebagai proses sosial, yang dalam hal tersebut komunikasi bisnis dipelajari dalam ilmu sosial. Para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi bisnis untuk mengetahui kaitan pesan dengan perilaku seseorang pada suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia tertentu.

12. Bernard Barelson

Menurut Bernard komunikasi bisnis adalah sebuah transfer informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan lain sebagainya menggunakan simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik, dan sebagainya di dalam ruang lingkup dunia bisnis.

13. Gary A.

Menurut Gary A., komunikasi bisnis adalah sebuah transfer informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan lain sebagainya menggunakan simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik, dan sebagainya di dalam ruang lingkup dunia bisnis.

14. Raymon S. Ross

Menurut Ross, komunikasi bisnis adalah suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol dengan tujuan untuk membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator yang terjadi di dalam dunia bisnis.

15. Shanon dan Weaver

Menurut Shannon & Waever, komunikasi bisnis adalah suatu bentuk interaksi yang saling mempengaruhi satu sama lain (dari pihak yang terlibat di dalam interaksi tersebut), baik disengaja atau tidak sengaja, komunikasi bisnis dapat menggunakan berbagai bentuk pesan, seperti bahasa, ekspresi muka, seni, teknologi dan lain sebagainya.

Bentuk komunikasi dasar

Bentuk komunikasi dasar ini terdiri dari dua bentuk yang umum kita ketahui bersama apa saja itu simak berikut ini:

Komunikasi verbal

komunikasi verbal adalah sebuah komunikasi antara dua orang atau lebih yang bertujuan untuk menyampaikan informasi melalui lisan ataupun langsung.

Komunikasi non verbal

komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang melibatkan dua orang atau lebih dengan media komunikasi melalui bahasa tubuh dan ekspresi dari pembicara dan lawan bicara

Jenis-jenis komunikasi

Adapun berikut ini berbagai contoh dari komunikasi bisnis:

Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal Komunikasi dalam bisnis dapat efektif tergantung pada keterampilan penyampaian baik melalui tulisan ataupun berbicara langsung dan menerima dengan cara mendengar atau membaca komunikasi verbal merupakan bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis ataupun lisan misalnya saja seorang bos dengan karyawannya, kebab perusahaan dengan sekretarisnya.

Dalam dunia bisnis komunikasi verbal menempati posisi besar karena kenyataanmemahami pesan-pesan yang telah disampaikan.

Contoh dari komunikasi verbal bisa dilakukan dengan cara: berbicara dan menulis untuk menyampaikan pesan bisnis akan tetapi orang cenderung lebih menyukai berbicara langsung ditimbang dalam tulisan selain karena alasan praktis ya dianggap lebih mudah untuk menyentuh pacaran karena langsung didengar oleh lawan bicara.

akan tetapi bukan berarti pesan tertulis tidak penting untuk disampaikan pesan bisnis yang panjang dan memerlukan pemahaman dan pengkajian matang diperlukan pula penyampaian tertulis penyampaian bussines report Sangat tidak mungkin jika di diramaikan secara langsung atau lisan.

Dengan mendengarkan dan membaca dengan tangannya menunjukkan para pelaku bisnis lebih sering mendapatkan informasi tentang menyampaikan informasi dan aktivitas pelayanan informasi pesan resmi dilakukan lewat proses mendengarkan dan membaca akan tetapi kenyataan juga menunjukkan masih banyak kalangan bisnis yang tidak memiliki kemampuan dan kemauan memadai untuk melakukan proses mendengar dan membaca sehingga pesan penting sering hanya berlalu begitu saja hanya sebagian kecil yang tercena dengan baik.

Bentuk komunikasi verbal Adapun bentuk bentuknya yang sebagai berikut:
Membuat dan mengirim surat klaim
Membuat dan mengirim surat penawaran harga kepada pihak
Membuat dan mengirim surat pemesanan barang kepada ada produsen
membuat dan mengirim surat konfirmasi kepada nasabah atau pelanggan
membuat dan mengirim surat kontrak kerja kepada karyawan ataupun kerjasama dari perusahaan lain
Memberikan informasi kepada ada konsumen tentang produk baru
Berdiskusi dalam sebuah tim kerja
Melakukan wawancara sesuai dengan cara pelamar kerja di perusahaan
Membuat briefing dengan staf karyawan
mengadakan pelatihan manajemen kepada para manajer operasional di bagian lini bawah perusahaan
Melakukan presentasi tentang pengembangan perusahaan di hadapan penguji

Komunikasi Non Verbal

Komunikasi non verbal sering kita jumpai dan tanpa disadari diyakini manfaatnya karena komunikasi non verbal merupakan hal yang penting banyak komunikasi verbal tidak efektif hanya karena komunikatornya tidak menggunakan komunikasi non verbal dengan baik dalam pembahasan
oleh karena itu melalui komunikasi nonverbal orang bisa mengambil suatu kesimpulan mengenai sesuatu kesimpulan tentang macam-macam perasaan orang baik merasa senang, cinta, kangen, dan benci dll.

katanya dengan dunia bisnis tanaman komunikasi nonverbal bisa membantu komunikator untuk lebih memperkuat pesan yang disampaikan sekaligus memahami reaksi komunikan saat menerima pesan
Juga kami paparkan bentuk dari komunikasi non verbal diantaranya adalah titik 2 bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi, simbol-simbol, pakaian, seragam.

tujuan komunikasi barat diantaranya meliputi berbagai tujuan berikut ini:

  1. Menyediakan atau memberikan informasi
  2. Mengendalikan atau mempersuasi orang lain
  3. Mengekspresikan emosi
  4. Memberi sifat, melengkapi menentang atau mengembangkan pesan-pesan.
  5. Mengatur alur sebuah percakapan
  6. mempermudah tugas-tugas khusus misalnya dalam mengajar seseorang untuk melakukan sesuatu

komunikasi nonverbal yang disampaikan dengan baik akan mampu membantu seseorang untuk meningkatkan kredibilitas dan potensi leadership selain tentunya akan mempermudah proses penyampaian pesan inti kepada para audience atau pembacaannya.

bentuk komunikasi non verbal diantaranya yang telah kami rangkum sebagai berikut ini:
menunjukkan kamar sesuai dengan jenisnya, mengarahkan seseorang dengan isyarat melalui tubuhnya, menunjukkan senyum mengibaratkan bahwa ia sangat senang dan contoh-contoh lainnya mungkin yang sudah kita ketahui bersama.

Pentingnya komunikasi non verbal mengapa demikian berikut kami sudah bahas dengan lengkap dibawah ini:
Mengatur alur sebuah percakapan, mengekspresikan emosinya, menyediakan dan memberikan informasi, dan mengatur jalannya sebuah percakapan.

Berdasarkan sifatnya komunikasi dan jumlah komunikasi itu dibedakan menjadi beberapa jenis yang menurut onong uchjana Effendy dalam buku dimensi-dimensi komunikasi digolongkan menjadi tiga bagian yaitu:

Komunikasi antar pribadi komunikasi ini penerapannya digunakan antar pribadi dalam perusahaan untuk menyampaikan informasi yang dimaksud agar tercapainya kesamaan pengertian sehingga dengan demikian dapat tercapai lah sebuah mufakat atau keputusan bersama
Komunikasi kelompok adalah ah komen dasi yang memiliki prinsip untuk lebih menekankan tor kelompok sehingga komunikasi ini menjadi luas dalam bidang usaha komunikasi ini menyampaikan informasi yang berbeda dengan komunikasi antar pribadi
Komunikasaplikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan melalui perantara atau alatnya berupa media data ataupun media elektronik.

komunikasi bisnis yang membahas tentangtataran teoritis paling tidak kita mengenal dan memahami tentang komunikasi dari dua perspektif yaitu;
perspektif kognitif dalam penggunaan lambang lambang atau simbol untuk mencapai kesamaan makna atau berbagai informasi tentang suatu objek.

Perspektif perilaku perspektif ini cenderung memandang komunikasi sebagai perilaku verbal atau simbolik dimana berusaha untuk mendapatkan efek yang dikehendakinya suatu pakar ahli menegaskan bahwa komunikasi adalah melalui lambang-lambang verbal di mana sumber karbon tersebut bertindak sebagai stimuli untuk merespon

Leave a Comment

error: Content is protected !!