Jaringan Otot

Selama ini kalian tentunya mengenal otot bukan? otot yang kalian kenal sebagai suatu bagian tubuh manusia yang tampak sebagian tubuh seperti seorang atlet, tubuhnya berbentuk kotak-kotak dan sangat kuat. Nah kalau sudah mengenal tentunya kalian tahu itu apa jaringan otot? kalau belum tau simak penjelasan berikut ini. Menurut KBBI otot merupakan jaringan kenyal dalam tubuh seorang manusia serta hewan fungsinya menggerakkan organ tubuh.

Pengertian Otot

Otot juga merupakan alat gerak aktif dan rangka tubuh adalah alat-alat gerak pasif. Otot sangat berperan aktif dalam kehidupan sehari-hari sehingga banyak juga yang melatih otot agar dapat mengangkat berat beban yang maksimal.

Otot dapat dilatih kekuatannya salah satunya melakukan olahraga kekuatan otot misalnya pada angkat besi. Jaringan otot merupakan jaringan fungsinya alat gerak aktif untuk menggerakkan tulang. Jaringan otot terdiri dari tiga bagian diantaranya jaringan otot lurik, otot jantung dan otot polos.

Fungsi jaringan otot

Fungsi jaringan otot berbagai sesuai dengan penggunaannya di bagian tubuh seorang manusia. Berikut beberapa fungsi dari jaringan otot:

  1. Membangun postur tubuh

Untuk mendapatkan postur tubuh yang baik kalian wajib punya kelenturan dan kekuatan baik. Jaringan otot ditubuh juga berperan mengatur postur tubuh sehingga menjadi berbentuk sesuai yang diinginkan.

  1. Menjaga tubuh tetap stabil

Jaringan otot lurik letaknya pada daerah perut sampai punggung fungsinya penopang tubuh sekaligus melindungi tulang belakang.

  1. Memompa darah

Otot jantung fungsinya dalam sirkulasi tubuh dengan cara memompa darah dari jantung hingga ke seleuruh tubuh.

  1. Membantu pernapasan

Otot yang berperan penting dalam pernafasan adalah diafragma. Diafragma letaknya dibawah paru-paru dan akan berkontraksi saat manusia mengambil nafas serta menhelakan nafas. Saat diafragma mengambil nafas, ruang yang terletak di paru-paru membesar atau mengembang. Lalu saat relaksasi udara yang sudah diolah di paru-paru akan didorong keluar.

 

 

  1. Mengatur pencernaan

Saat tubuh mencerna makanan prosessnya dikendalikan oleh otot-otot polos yang ada dibagian saluran pencernaan. Otot polos akan melemas dan mengang jika makanan tersebut melewati tubuh selama proses pencernaan berlangsung. Otot juga bisa mnedorong makanan untuk keluar melalui buang air besar atau munta-muntah.

Jenis-jenis jaringan otot manusia

Secara umum jaringan otot manusia dibagi menjadi 3 bagian diantaranya otot polos, otot lurik dan otot jantung yang dijelaskan berikut ini:

  1. Otot polos

Jaringan otot polos merupakan otot yang terletak pada organ-organ dalam contohnya lambung, usus dan pembuluh darah. Otot ini disebut otot visceral dan dianggap sebagai otot paling lemah dibanding dnegan otot jenis lainnya. Jenis otot ini fungsinya membuat organ dalam berkontraksi sehingga dapat mengantarkan makanan asupan lain yang masuk ke dalam tubuh menuju organ-organ tertentu. Otot ini bekerjanya dialam sadar seorang manusa atau secara otomatis.

Ciri otot polos berbentuk gelendong kedua ujungnya meruncing, punya satu inti sel letaknya ditengah sel, kerjanya diluar kesadaran, lambat, teratur dan tidak mudah cepat lelah,punya nukleus pada bagian tengah sel.

  1. Otot lurik

Jaringan otot lurik merupakan otot yang menempel pada bagian tulang atau dinamakan dengan otot rangka. Jenis otot ini berperan untuk pergerakan tubuh manusia. Otot lurik menyumbang skitar kira-kira 40% berat badan seorang manusia. cara bekerjanya otot lurik saat sistem saraf mengirimkan sinyal, kemudian menginstruksikan otot untuk berkontraksi. Saat adanya sebuah instruksi sekelompok otot tubuh akan bergerak kearah tertentu yang dituju dan bekerjasama.

Ciri otot lurik berbentuk silinder punya bagian gelap dan terang sehingga yampak seperti lurik, punya inti banyak, bekerja atas kesadaran dari perintah otak dan dapat mengalami suatu kelelahan, melekat di rangka sehingga dinamakan otot rangka, punya beberapa nukleus di bagian sisi tepi atas.

 

 

  1. Otot jantung

Jaringan otot jantung bisa ditemukan diorgan yang sama. Otot ini fungsinya untuk memompa darah dari dan menuju jantung. Otot ini kerjanya otomatis tanpa memerlukan sebuah isntruksi. Otot jantung merupakan jaringan utama yang membangun dinding organ jantung. Jenis ini menciptakan implus listrik yang dapat membuat jantung berkontraksi. Implus listrik muncul pada jantung disebabkan dan dipengaruhi oleh hormone dan rangsangan dari sistem saraf. Biasanya tandanya dengan meningkatnya detak jantung kita saat merasa takut, cemas ataupun khawatir.

Ciri otot jantung berbentuknya serabut lurik yang bercabang-cabang, punya satu atau banyak inti sel dan letaknya di tengah serabut, kerjanya diluar kesadaran dan tidak diperintah oleh otak akan tetapi dipengaruhi oleh persediaan oksigen yang cukup, punya satu nukleus dibagian tengah selnya.

Gangguan atau penyakit pada sistem otot manusia

Ada beberapa macam atau jenis-jenis gangguan atau masalah sistem otot yang perlu kalian ketahui dan waspadai. Berikut ini adalah beberapa masalah, penyakit bahkan kelainan yang berkaitan dengan sistem otot seorang manusia diantaranya sebagai berikut ini

  1. Myalgia

Myalgia ini atau dikenal dengan nyeri otot merupakan salah satu sebuah masalah di sistem otot yang sering kita alami. Umumnya kondisi nyeri otot ini diakibatkan karena cedera otot atau penggunaan otot secara berlebihan.

  1. Kram otot

Masalah ini biasanya terjadi saat otot ada kontraksi yang cukup kuat dan membuat otot kencang secara mendadak. Kondisi ini berlangsung tidak begitu lama akan tetapi bisa menimbulkan rasa sakit. Umumnya ini sering terjadi di bagian kaki.

  1. Distrofi otot

Ganguan ini adalah kerusakan otot terjadinya diakibatkan kelainan bawaan lahir yang umumnya bersifaturun temurun.

  1. Atrofi otot

Masalah ini umumnya bisa terjadi saat otot menyusut dikarenakan terlalu lama tidak digunakan. Akan tetapi ada suatu hal lain diantaranya proses penuaan, malnutrisi, penggunaan obat-obatan hingga kondisi kesehatan.

  1. Kelumpuhan

Masalah ini bisa menyebabkan kehilangan kekuatan dan control terhadap sebagian otot didalam tubuh seorang manusia.

Struktur jaringan otot

Berikut ini adalah penjelasan menganai struktur penyususn jaringan otot:

  1. Tendon

Tendon merupakan suatu penghubung antara otot dengan tulang. Tendon punya serabut warna putih dan tidak elastis.

  1. Fascia

Fascia merupakan sebuah jaringan ikat gabungan dari beberapa jaringan fibrus dan areolar yang bisa membungkus serta menghimpun otot menjadi satu. Dalam bagian-bagian tertentu contohnya telapak tangan, fascia ini sangat padat dan kuat.

  1. Sarcollema

Sarcollema merupakan salah satu unit structural jaringan otot yang diameternya 0,01-0,1 mm serta panjang 1-40 mm melapisi suatu sel otot. Jaringan ini fungsinya sebagai pelindung otot.

  1. Myofibril

Myofibril merupakan beberapa dari jaringan serat-serat yang terdapat adanya di dalam otot. Jika dilihat pakai sebuah mikroskop myofibril iniĀ  nampak seperti pita gelap dan terang yang bersilangan. Pita gelap diciptakan dari myosin serta pita terang diciptakan dari aktin, troponin dan tropomiosin.

  1. Miofilamen

Miofilamen merupakan berbagai jaringan bentuknya benang-benangan atau filament halus asalnya dari myofibril. Jaringan ini punya dua macam diantaranya mifilamen homogeny dan miofilamen heterogen.

  1. Sarkoplasma

Sarkoplasma sebagai jaringan berupa cairan sel otot fungsinya sebagai tempat dimana myofibril dan miofilamen berada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *