Tips Membuat Laporan Kegiatan

Siapa disini yang pernah mendapat tugas membuat laporan kegiatan di sekolah ataupun kampus? Apakah kalian sudah bisa? atau masih bingung atau belum paham?

gimana sih cara membuat laporan kegiatan dengan baik dan benar? Naah kalau begitu disini kalian akan mendapatkan informasi seputar tips membuat laporan kegiatan dengan baik dan benar.

Sebelumnya kalian sudah tahu belum apa sih laporan kegiatan? laporan kegiatan merupakan sebuah laporan atau penyajian fakta tentang suatu kegiatan yang dibuat setelah kegiatan itu selesai.

Laporan kegiatan juga biasanya bentuk penyampaian sebuah informasi pelaksanaan acara secara tertulis yang diberikan kepada ketua atau posisinya lebih tinggi. Setelah mengetahui pengertian, kemudian kalian tahu tidak bagaimana ciri-cirinya? ciri-cirinya diantaranya ringkas, logis, lengkap, dan sistematis.

Kalau strukturnya apa kalian juga sudah mengetahuinya? kalau belum maka struktur laporan kegiatan diantaranya ada cover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan yang berisi; latar belakang, tujuan dan manfaat, pembahasan juga berisi;

kegiatannya apa, siapa yang ikut berpastisipasi,dimana kegiatan itu dilakukan dan lain sebagainya, dan struktur yang terakhir adalah penutup yang berisi; kesimpulan dan saran kemudian lengkapilah dengan lampiran-lampiran yang mendukung.

Nah kalian sudah mengetahui kan apa itu makalah, ciri-cirinya dan strukturnya apa saja tapi kalian tahu tidak tips membuat laporan kegiatan yang baik dan benar. kalau belum perhatikan berikut ini cara membuat laporan kegiatan:

  1. Memilih topik

Pertama yang dilakukan adalah pilihlah topik. Topik disini merupakan bagian penting dari sebuah laporan tanpa adanya topikĀ  laporan tersebut tidak bisa dilakukan. Jika kamu yang memilih sendiri topik tersebut maka pilihlah topik yang kamu sukai atau kuasai dalam melakukan kegiatan atau penelitian.

  1. Melakukan Kegiatan

Setelah memilih dan menentukan topik, langkah selanjutnya adalah melakukan kegiatan tersebut. Selain melakukan kegiatan, maka carilah berbagai referensi yang ada hubungannya dengan topik. Hal tersebut agar bisa membantu kamu dalam menulis dan melengkapi isi laporan yang akan dibuat.

  1. Buat kerangka laporan

Kerangka laporan dibuat agar jika menulis laporan tidak merasa kesusahan atau kebingungan sehingga mempermudah pengaturan penyusunan laporan. Kerangka laporan biasanya berisi sekumpulan gagasan utama yang menggambarkan inti dari laporan tersebut.

  1. Mulailah menulis laporan

Setelah membuat kerangka, maka tulislah laporan tersebut. Jika menulis sebuah laporan harus sesuai dengan strukturnya dan gunakanlah kalimat yang jelas dan berdasarkan fakta agar pembaca benar-benar yakin.

  1. Menyunting

Hal ini sangatlah penting dilakukan, sebelum diberikan maka kalian wajib menyunting kembali agar tidak terjadi sebuah kekeliruan yang mengakibatkan kesalah pahaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *