Sejarah Sepak Bola

Apakah yang dimaksud dengan permainan sepak bola? ya, sebagian sebar orang sudah banyak mengetahuinya.

Apabila ditinjau sesuai dengan namanya, sepak bola adalah suatu olahraga bola besar yang dimainkan dengan cara menendang atau menyepak bola yang termasuk permainan bola kaki.

Pengertian Sepak Bola

pengertian sepak bola

Secara umum, pengertian pengertian sepak bola adalah suatu cabang olahraga bola besar, yang menggunakan sebuah bola berbahan kulit/ karet dan dimainkan oleh dua tim/regu yang saling berhadapan, dimana masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti yang berjumlah 7 orang. Adapun tujuan dari permainan sepak bola adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dan memenangkan pertandingan.

Permainan sepak bola, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain agar pemain dapat bermain sepak bola dengan baik dan benar. adapun beberapa teknik permainan sepak bola adalah; Passing, Shooting, Dribbling, Heading.

Permainan sepak bola dimainkan selama 2 babak dengan setiap babak dimainkan selama 45 menit, dan ada jeda waktu selama 15 menit pada pergantian babak yang dipimpin oleh 4 wasit, yakni 1 wasit utama dan 3 wasit bantu.

Ada juga yang berpendapat pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola dimana tujuannya adalah untuk memasukkan bola tersebut ke gawang lawan.

Dalam bahasa Inggris, sepak bola disebut dengan Football, sedangkan di Amerika Serikat permainan ini disebut dengan Soccer. Istilah “sepak bola” terdiri dari dua kata, yaitu:

Sepak yang artinya menendang dengan kaki
Bola yang artinya suatu alat permainan yang bentuknya bulat dan terbuat dari bahan kulit/ karet.

Sepak bola terdiri dari kata “sepak” dan “bola”. Sesuai dengan namanya olahraga sepak bola merupakan olahraga sederhana menggunakan bola yang digiring bebas dan ditendang dengan kaki hingga bola masuk ke tempat lawan. Permainan sepak bola terdiri atas dua tim yang saling berlawanan.

Masing-masing tim mempunyai pemain utama atau pemain inti sejumlah 11 orang dengan beberapa pemain cadangan. Dalam bermain, tiap tim bisa menang dengan memasukkan bola ke gawang lawan. Semakin banyak bola yang mampu masuk ke tempat lawan, maka akan semakin tinggi skor dan akhirnya memenangi pertandingan.

Setiap tim sepak bola terdiri dari 11 orang pemain inti dan 5-11 pemain cadangan. Suatu permainan sepak bola dimenangkan oleh tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan berdasarkan aturan permainan.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

pengertian sepak bola menurut para ahli

Untuk memahami lebih lanjut mengenai apa itu sepak bola, mari kita simak  pemaparan dibawah ini !

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli.

1. Agus Salim
Menurut Agus Salim, pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

2. Soekatamsi
Menurut Soekatamsi (1994:3), pengertian sepak bola adalah suatu permainan beregu yang diperlombakan dimana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang.

3. Muhajir
Menurut Muhajir (2007:22), pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dimana tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang agar tidak kemasukan bola.

4. Joseph A. Luxbacher
Menurut Luxbacher (2008:2), pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

5. Remmy Muchtar
Menurut Remmy Muchtar (1992:27), pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolahan gerak tubuh dalam permainan.

 

Sejarah Sepak Bola

sejarah sepak bola

Bisa dibilang Sepak bola menjadi salah satu olah raga yang paling digemari oleh orang-orang, bahkan hingga seluruh dunia mengenali olah raga yang satu ini. Hal ini dibuktikan dari banyaknya penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut, bahkan jutaan orang bisa memenuhi panggung stadion agar tidak ketinggalan pertandingannya secara langsung.

Lantas apa sih yang membuat sepak bola ini begitu digemari ?  Jawabannya dapat kita ketahui melalui pemaparan sejarah sepak bola dibawah ini :

Sejarah Sepak Bola Dunia
Permainan sepak bola dimulai dari peradaban kuno romawi, yunani kuno, dan cina pada masa dinasti Tsin (9255-206 SM).

Menurut Sejarah nya,  sepak bola kuno berasal dari Dinasti Han negara China. Masyarakat Tionghoa memiliki permainan tradisional T’su Chu dan permainan lain yang dianggap sebagai munculnya permainan sepak bola. Sepak bola pada masa itu menggunakan bola kulit dan gawang yang berjaring kecil, sehingga untuk memasukkan gol bola ke gawang lawan cukup sulit. Beberapa ahli sejarah berpendapat sepak bola dikenal oleh bangsa Romawi Kuno  dengan nama episkyros. Selanjutnya, permainan sepak bola berkembang menjadi permainan sepak bola modern.

Sejarah Sepak Bola Modern

Awal diresmikannya sebuah organisasi perkumpulan sepak bola yang berpusat di Football Association Freemanson’s Tavern, London, Inggris menjadi sejarah  awalsepak bola modern dimulai.

Pada pertemuan tersebut menetapkan beberapa peraturan permainan sepak bola yang kemudian diikuti oleh asosiasi sepak bola dari Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Selanjutnya beberapa asosiasi sepak bola dari negaa tersebut mendirikan International Football Association Board (IFAB) sebagai sebuah asosiasi yang lebih besar untuk perkumpulan asosiasi sepak bola dunia.

Sejak didirikannya Federation International de Football association (FIFA) di Paris, Perancis pada tanggal 21 Mei 1904.Sepak bola semakin berkembang dan dikenal masyarakat luas

Semenjak inilah kompetisi sepak bola dunia digelar dan semakin diminati masyarakat. Karena perkembangannya yang sangat pesat itulah akhirnya sepak bola sampai ke wilayah Nusantara pada saat itu.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia
sejarah sepak bola
Penjajahan bangsa Indonesia memberikan banyak pengaruh kepada bangsa Indonesia. Salah satu pengaruh yang dibawa saat itu adalah masuknya sepak bola sehingga masyrakat Indonesia mengenal sepak bola.

Sepak bola dikenalkan oleh negara China untuk menunjukkan superioritas mereka. Hal ini dibuktikan dengan terbentuknya perkumpulan UMS di Jakarta. Oleh sebab itu, sepak bola Indonesia mengalami kemajuan yang pesat.

Kemajuan sepak bola Indonesia saat itu menyebabkan dibentuknya badan naungan sepak bola Indonesia yang dinamai sebagai Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada 19 April 1930 di Yogyakarta. Peristiwa ini berlangsung sebelum Indonesia mengikuti Piala Dunia tahun 1938.

Tokoh dibalik terbentuknya PSSI yaitu Soeratin Sosrosoegondo. Pada perkembangan selanjutnya, PSSI telah memperluas kesempatan dengan mengadakan berbagai ajang perlombaan sepak bola dalam negeri dengan dibentuknya Liga Super Indonesia dan beberapa perkumpulan sepak bola setiap kota di Indonesia.

Tidak hanya perlombaan sepak bola antar kota, PSSI juga membentuk berbagai kejuaraan sepak bola dengan kategori gender (kompetisi sepak bola wanita) dan usia (U-15, U-17, U-19, U-21, dan U-23). Oleh sebab itulah akhirnya klub-klub sepak bola baru bermunculan di Indonesia.

Asal Usul Sepak Bola

asal usul sepak bola

Sepak bola sudah ada sejak 3000 tahun lalu dan dimainkan dipenjuru dunia dalam bentuk yang berbeda. Dikutip dari buku Sepak Bola (2019) karya Ina Hasanah, permainan sepak bola sudah mulai ada dan dikenal pada 255-206 SM (Sebelum Masehi) sekitar abad ke-2 hingg ke-3. Sepak bola pertama kali dimainkan di China, tepatnya pada zaman Chun Qiu Zhan Guo (musim semi musim gugur negara berperang).

Tsu chu, sebutan untuk permainan sepak bola saat itu. Mulanya tsu chu digunakan sebagai sarana untuk melatih prajurit Permainan ini tidak hanya dimainkan oleh keluarga kerajaan, namun juga oleh rakyat Cina. Jumlah pemain tsu chu adalah enam orang.

Bola yang digunakan terbuat dari kulit binatang berisikan rambut serta dimasukkan dalam jaring berdiameter 40 cm dengan tinggi 10,5 meter. Awalnya jaring tersebut dipasang di tengah lapangan yang tertutup tembok. Lapangan sepak bola saat itu mirip dengan lapangan permainan voli saat ini. Aturan permainan tsu chu sangatlah sederhana.

Bola tidak boleh dipegang dengan tangan serta pemenang ditentukan dari jumlah bola yang berhasil masuk dalam lubang jaring. Selain Cina, Yunani juga telah mengenal permainan sepak bola sejak tahun 800 SM, yang dikenal dengan nama episkyro serta harpastum. Sama seperti tsu chu, permainan episkyro dan haspastum juga bertujuan untuk melatih kekuatan fisik prajut kerajaan.

Dalam buku Tha World Game: A History of Soccer karya Bill Muray, bahwa sepak bola sudah dimainkan sejak awal masehi. Orang-orang di era Mesir Kuno sudah mengenalkan permainan membawa dan menendang bola yang dibuat dari buntalan kain linen. Pada sejarah Yunani Purba, juga mencatat ada sebuah permainan yang disebut episcuro. Episcuro adalah permainan yang menggunakan bola.

Bukti-bukti tersebut tergambar pada relief di dinding museum yang melukiskan anak muda memegang bola bulat dan memainkannya dengan paha. Sepak bola modern Beberapa negara mengklaim sebagai tempat lahirnya sepak bola modern. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), sepak bola modern berasal dari Inggris pada abad ke-19. Lihat Foto Gerakan spesifik permainan sepak bola(kemdikbud.go.id) Sejak sebelum abad pertengahan, permainan “sepak bola rakyat” telah dimainkan di kota-kota dan desa-desa sesuai dengan adat istiadat setempat dan dengan aturan minimum.

Permainan sepak bola mulai dikenal masyarakat Inggris pada abad ke-8. Saat itu, permainan ini dilakukan di sebuah lapangan besar berjarak 3-4 km. Raja Edwar II sempat melarang permainan sepak bola di Inggris pada 1314. Karena saat itu bola yang digunakan terbuat dari tengkorak manusia. Pada masa kepemimpinan Ratu Elizabeth I juga melarang permainan ini.

Permainan sepak bola terus tersebar ke berbagai dunia, seperti Italia, Amerika Serikat dan negara lainnya. Permainan sepak bola terus menunjukkan perkembangannya, hingga pada 1904 FIFA atau Federation Internationale de Football Association didirikan. FIFA didirikan oleh Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss serta Swedia.

Kejuaraan dunia sepak bola pertama kali diadakan di Uruguay, pada 1958. Pencipta kata Soccer Dikutip dari situs Today I Found Out, pencipta kata soccer adalah Charles Wreford Brwon, mahasiswa Oxford. Baca juga: Peraturan Sepak Bola Pada 26 Oktober 1863, beberapa anggota tim sepak bola Inggris berkumpul untuk membuat serangkaian peraturan sepak bola.

Saat itu, permainan sepak bola di Inggris lebih dikenal sebagai association football. Tujuannya untuk membedakan jenis permainan bola lainnya, seperti permainan rugbi. Kemudian istilah association football, diubah dan ditambah akhiran ‘-er’, menjadi assoccer. Charles Wreford Brown mengubah istilah assoccer menjadi soccer.

Sementara untuk istilah football dan soccer sebenarnya tidak memiliki perbedaan makna. Dilansir dari situs Bundesliga.com, sebutan soccer lebih sering digunakan oleh orang Amerika. Tujuannya untuk membedakannya dengan permainan bola lainnya.

Sedangkan orang Inggris lebih sering menggunakan istilah football, yang berarti bola ditendang dengan kaki. Walau begitu banyak yang mengira jika istilah soccer diciptakan oleh orang Amerika. Namun, sebenarnya istilah ini awalnya diciptakan oleh orang Inggris.

Manfaat dari Sepak Bola

 

 

 

 

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!