{Warna Pimer}, Pengertian Warna Primer dan macam-macamnya

warna primer

Pada kehidupan kita tentunya tidak terlepas dengan adanya warna, karena segala sesuatu yang kita gunakan pun juga penuh dengan warna, misalnya rumah, perabotan, makanan, pakaian, lingkungan, rumah dan sebagainya.

Pada sebuah karya seni rupa warna merupakan salah satu unsur seni yang cukup menonjol karena warna warna tersebut akan diserap oleh mata manusia dengan wujud keindahan sehingga terciptalah warna warna merah, biru, kuning dan sebagainya.

Warna pada umumnya hadir dalan wujud sebuah benda terlihat selain itu kehadiran warna juga digunakan untuk menyatakan suasana watak atau perasaan sebuah benda.

Pengertian Warna Primer

Pengertian Warna Primer, adalah kelompok warna yang bukan hasil dari campuran warna lainnya, Contohnya hanya 3 yaitu Kuning, merah dan biru

Karena keberagaman warna sangat banyak, maka adapula yang menyebut warna terang, warna muda, warna redup, warna tua , warna cemerlang dan warna gelap

Macam-macam Warna Primer

macam-macam warna primer

Warna Primer jenis warna pertama yang pembentukannya tidak disertai dengan warna lainnya lah, warna inilah digunakan untuk bahan campuran pokok sehingga menghasilkan warna warna lain.

Adapun Macam-macam warna primer yaitu:

contoh warna primer


Warna primer yang pertama Merah, yang sebenarnya memiliki nama Magenta yakni merah semu ungu.


Warna Primer yang kedua adalah Kuning, yang sebenarnya memiliki nama Yellow.


Warna Primer yang ketiga adalah Biru, yang sebenarnya memiliki nama Cyan yakni biru semu hijau.


Maam macam warna primer diatas sering disingkat CMY (Cyan, Magenta, Yellow) dalam dunia percetakan.

Simak juga pembahasan tentang Topologi JaringanĀ 

warna primer

Seperti yang tertera diatas warna primer ang terdiri dari biru, merah dan kuning yang disebut juga sebagaiĀ Hue.

Dari tetiga warna dasar ini adalah warna yang bisa dikombinasikan dan menghasilkan warna-warna turunan lainnya dan warna-warna inilah yang bisa ditangkap oleh mata manusia, dikarenakan mata manusia seperti spesies lain yang memiliki tiga macam reseptor warna yang disebut makhluk trichromat.

Karena pada dasarnya warna primer bukan milik cahaya, tapi lebih merupakan konsep biologis, yang didasarkan pada respon fisiologis mata manusia terhadap cahaya.

Secara fundamental, cahaya adalah spectrum berkesinambungan dari panjang gelombang (wave length), yang berarti terdapat jumlah warna yang tak terhingga,

Perlu kita ketahui mata manusia hanya mampu menangkap panjang gelombang sampai batas tertentu dikarenakan jenis alat penerima/reseptor manusia yang disebut sel kerucut hanya mampu menangkap panjang gelombang hingga 780 nanometer sehingga tiga warna dasar inilah yang mampu di tangkap manusia dan disebut sebagai warna utama.

sekian pembahasan mengenai warna primer sekian dan terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *