Pengertian Konseling, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya

penegertian konseling

Pengertian konseling-berikut ini pembahasan tentang konseling lengkap mulai dari pengertian konseling, pengertian konseling menurut para ahli,manfaat konseling, tujuan konseling dan jenis konsesling

Pengertian Konselingpenegertian konseling

Secara Etimologi berasal dari bahasa Latin “consilium “artinya “dengan” atau bersama” yang dirangkai dengan “menerima atau “memahami” . Sedangkan dalam Bahasa Anglo Saxon istilah konseling berasal dari “sellan” yang berarti”menyerahkan” atau “menyampaikan”

Pengertian Konseling menutut Para Ahli

Setelah tadi mengeteahui pengertian konseling secara umum kali ini admin bagikan juga pengertian konseling menurut para ahli:

Pepinsky 7 Pepinsky ,dalan Shertzer & Stone

Menurut epinsky 7 Pepinsky ,dalan Shertzer & Stone Konselinag ialah interaksi yang terjadi antara dua orang individu ,masing-masing disebut konselor dan klien, terjadi dalam suasana yang profesional, dilakukan dan dijaga sebagai alat untuk memudah kan perubahan-perubahan dalam tingkah laku klien.

Smith,dalam Shertzer & Stone

Menurut Smith,dalam Shertzer & Stone konseling adalah suatu proses dimana konselor membantu konseli membuat interprestasi-interprestasi tetang fakta-fakta yang berhubungan dengn pilihan,rencana,atau penyesuaian-penyesuaian yang perlu dibuat.

 

Division of Conseling Psychologi

Menurut Division of Conseling Psychologi Konseling merupakan suatu proses untuk memebantu individu mengatasi hambatan-hambatan perkembangn dirinya,dan untuk mencapai perkembangan yang optimal kemampuan pribadi yang dimilikinya ,proses tersebuat dapat terjadi setiap waktu.

 

 

 

Mc. Daniel

menurut Mc. Daniel konseling adalah suatu pertemuan langsung dengan individu yang ditujukan pada pemberian bantuan kapadanya untuk dapat menyesuaikan dirinya secara lebih efektif dengan dirinyasendiri dan lingkungan. (Mc. Daniel,1956)

Berdnard & Fullmer

Menurut Berdnard & Fullmer ,1969 Konseling meliputi pemahaman dan hubungan individu untuk mengungkapkan kebutuhan-kebutuhan,motivasi,dan potensi-potensi yang yang unik dari individu dan membantu individu yang bersangkutan untuk mengapresiasikan ketige hal tersebut.

Manfaat Konseling

Anda akan merasa nyaman dan aman
Anda akan merasa nyaman karena Anda dapat mengungkapkan dan mengekspresikan perasaan Anda secara bebas kepada konselor yang akan menerima Anda apa adanya tanpa dihakimi. Anda juga akan merasa AMAN karena KERAHASIAAN di dalam proses konseling terjaga.

Anda juga dapat Menemukan akar permasalahan yang sesungguhnya karena terkadang masalah yang dihadapi adalah fenomena dan bukan akar persoalan sesungguhnya, sehingga dalam hal inilah, konselor berperan untuk menggali dan menemukan akar permasalahan yang sesungguhnya.

manfaat konselor selanjutnya adalah dapat Melihat masalah dengan perspektif yang lebih positif hal ini dikarenakan Konselor akan membantu Anda untuk menganalisa dan memilah masalah sehingga Anda dapat melihat apa yang sebenarnya menjadi inti masalah dan melihat masalah dengan perspektif yang lebih tepat.

Manfaat lainnya  anda akan Mengalami pemulihan pribadi (self healing) dan pemulihan relasi karena Konselor membantu Anda memahami diri Anda dan lebih memahami orang lain, sehingga terjadi pemulihan pribadi. Anda juga dapat meningkatkan hubungan yang lebih efektif dengan orang lain, mengalami pertumbuhan karakter dan memaksimalkan potensi diri.

Menemukan alternatif solusi bersama-sama
Konselor membantu Anda menemukan berbagai kemungkinan alternatif solusi bersama-sama dan mengevaluasi tantangan yang akan Anda hadapi.

Manfaat yabg terakhir anda akan Menemukan mediator karena dalam konseling keluarga atau konseling suami-istri, konselor berperan sebagai mediator untuk menemukan alternatif solusi dari masalah yang ada dan menyusun perencanaan ke arah relasi yang lebih baik lagi di dalam keluarga.

Tujuan Konseling

Tujuan konseling adalah memberi fasilitas dan menimbulkan pertumbuhan kepribadian untuk menolong pribadi-pribadi untuk mengubah pola-pola kehidupan yang menyebabkan mereka tidak berbahagia.

Selain itu juga Menyediakan suasana persaudaraan dan kebijaksanaan bagi pribadi-pribadi yang sedang menghadapi kehilangan dan kekecewaan.

Konseling juga membantu klien untuk merasa lebih baik/ nyaman, dan Konselor menetapkan tujuan untuk membantu kliennya memiliki kemampuan menolong diri sendiri, sehingga dapat menghadapi situasi hidup selanjutnya dengan lebih konstruktif.

Jenis -jenis Konseling

beriktut penjelasan mengenai jenis terapi konseling yang perlu diketahui.

Terapi pasangan ( Couples therapy)

Terapi pasangan adalah sebuah terapi yang memiliki tujuan untuk bisa memberi bantuan dalam sebuah hubungan komunikasi dan juga memberi ruang pada perubahan di dalam suatu hubungan yang cukup erat diantara suami dan istri.

Namun sesungguhnya jenis terapi ini memnag ditujukan untuk meraka yang sedang dalam sebuah hubungan, sehingga para konselor memberi tawaran di dalam sebuah bentuk pelatihan yang sangat relevan diantara pasangan.

Behaviour terapy

Behavior teraphy memiliki banyak persamaan dengan jenis terapi perilaku kognitif yang di dalam terpi tesebut memang dapat dilakukan dengan cara memberikan pengaruh di dalam sebuah pembelajaran, sehingga untuk seorang individu bisa berperilaku dipengaruhi dari proses belajar sepanjang hidupnya.

Terapi psikoanalisis ( Psychoanalitic Theraphy)

Terapi psikoanalisis dilakukan berdasarkan dari teori psikososial freud ataupun bisa dengan terapi teori psikoanalisis klasik , di dalamnya terdapat keasaran yang dipengaruhi sebuah fikiran dan juga perilaku dalam hal ini terjadi sebuah kecenderungan yang di dapatkan untuk melihat sebuah pengalaman dari sisi masa kecil.

Biasanya hal tersebut bisa sangat mempengaruhi kehidpan seseorang, dan tentunya sangat berpotensi memunculkan sebuah masalah yang dapat dihadapi dan untuk terapi yang satu ini biasanya memang berlangsung secara singkat dan juga cepat, namun tergantung dari setiap orang menjalaninya.

Terapi humanistic ( Humanistic theraphy)

Terapi humanistic seperti diketahui memiliki tujuan untuk bisa membantu seseorang agar bisa lebih mengenali dirinya sendiri. Orang tersebut pun perlu bisa mengenali dirinya sendiri, untuk mengetahui lebih dalam mengenai teori belajar humanistik dan juga pendekatan humanistik dalam psikologi social, memang membutuhkan parasyarat yang perlu dilakukan agar nantinya bisa terjalin hubungan yang cukup baik.

Terapi interpersonal dinamis ( Dynamic Interpersonal Theraphy)

Terapi interpersonal dinamins ini memang lebih dikhususkan pada seseorang yang memiliki hubungan diantara individu dan juga di lingkungannya.

Terpi ini dipercaya dapat memberikan perbaikan atas masalah yang terjadi dan timbulnya gejala psikologis yang membuat seseorang tidak dapat memiliki hubungan social dengan baik, untuk itu melakukan terapi ini memang sangatlah penting.

Terapi gestalt

Terapi bentuk psikoterapi yang sudah sejak lama dikembangkan seorang ahli bernama gestat, dimana dalam terapi tersebut terdapat sebuah prinsip internastional yang dilakukan secara keselurhan (tubuh, pikiran dan jiwa) bentuk terapi yang plaing baik bagi seseorang yang sedang mengalami sebuah kondisi tekini.

Diantara prinsip atau kunci yang mendasari adanya terapi ini diantaranya sebuah hubungan, adanya tanggung jawab social, terdapat sebuah eksperimen dan juga penemuan yang sangat kreatif.

Terapi gerakan menari ( Dancing therapy)

Prinsip ini memberikan bahwa suatu gerakan dapat dilakukan dengan mereflesikan pada sebuah pola piker yang dimiliki seseorang dan juga sesuai dengan perasaan yang ada di dalam dirinya.

Analisis resistensi

Resistensi merupakan salah satu dari jenis terapi yang di dalamnya terdapat sesuatu yang bisa melawan dari kelangsungan sebuah terapi dalam hal ini juga pasien bisa memilih Apakah dia memiliki ketersediaan untuk bisa menghubungkan pikiran dan juga perasaan yang ada di dalam dirinya, dan biasanya sesuai dengan pengalaman tersebut yang memang bisa dia lakukan dan juga ungkapkan.

Terapi koginitif

Terapi ini biasanya dapat diketahui dari pola fikir seseorang atau pasien yang sesungguhnya dalam terapi ini juga memiliki tujuan yang bisa mengubah pola pikir seseorang menajdi jauh lebih rasional lagi, serta bisa menjaga dan membantu dirinya untuk mengetahui hal- hal yang tidak masuk akal.

Analisa theraphy transferensi

Keadaan normal kita sendiri memiliki sisi emosi yang memnag sulit untuk dikendalikan, dan biasanya adanya perpindahan emosi tersebut dilakukan pada benda lain atau bisa juga pada seorang yang secara khusus memang memindahkan rasa emosinya ke seorang terapi.

Terapi music

Terapi music dilakukan untuk menggerakan manusia yang memberikan semangat serta kekuatan yang dilakukan secara emosional, music yang dilakukan juga umumnya memiliki banyak perbedaan dan di dalamnya juga menyediakan satu buah cara bisa terhubung dengan suatu terapi lainnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *