Pengertian Demografi; Tujuan, Variabel dan Manfaatnya

Demografi

pengertian literatur

Berikut kami akan membahas tentang Demografi secara lengkap mulai dari Pengertian Demografi baik secara umum atau menurut para ahli, tujuan, variabel, dan manfaatnya.

Mungkin dari kita ada seringkali mendengar tentang istilah demografi namun, kita kebingungan karena lupa atau bahkan tidak mengetahui arti dari istilah tersebut.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai demografi mari simak berikut ini.

Pengertian Demografi

Demografi adalah gambaran yang menjelaskan tentang penduduk mulai dari jumlah perkawinan, kelahiran, kematian serta perpindahan penduduk.

Seperti yang kalian ketahui, demografi merupakan sebuah kata yang memiliki makna.  Demografi berasal bahasa Latien, yaitu kata ‘demograhie’ yang terdiri dari dua kata yaitu “demos” dan “graphein”. Demos yang berarti rakyat atau penduduk sedangkan graphein yang berarti tentang catatan tertentu.

Maka dari itu, demografi dapat diartikan; secara umum sebagai tuliskan yang menjelaskan tentang penduduk mulai dari jumlah suatu daerah mulai dari perkawinan, kelahiran, kematian serta perpindahan penduduk dalam kurun waktu tertentu.

Demografi dan kependudukan sama-sama mempelajari penduduk sebagai suatu kumpulan (agregates atau collection), bukan mempelajari penduduk sebagai individu. Dengan demikian yang dimaksud dengan penduduk adalah sekelompok orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah, seperti yang termaktub dalam Undang-undang RI No. 10 tahun 1992 yaitu penduduk adalah orang dalam matranya sebagai diri pribadi, anggota keluarga, anggota masyarakat, warga negara dan himpunan kuantitas yang bertempat tinggal di suatu tempat dalam batas wilayah negara pada waktu tertentu.

Kependudukan sebagai studi, memberikan informasi yang lebih komperhensif mengenai sebab-akibat dan solusi pemecahan masalah dari munculnya fenomena demografi, oleh karena itu studi kependudukan membutuhkan disiplin ilmu lain seperti: sosiologi, psikologi, sosial-ekonomi, ekonomi, geografi. Studi kependudukan sebagai studi antar bidang memungkinkan dapat berperan memecahkan persoalan pembangunan yang menyangkut penduduk sebagai subjek sekaligus sebagai objek pembangunan.

Pengertian demografi secara umum

Pengertian demografi secara umum adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari jumlah masyarakat dalam sebuah daerah, persebaran wilayah, komposisi penduduk baik itu Perubahan  dan sebab perubahan itu yang biasanya timbul karena kelahiran, perpindahan penduduk, dan mobilitas sosial di masyarakat tersebut.

Secara garis besarnya, demografi dapat berupa angka ataupun simbol yang meliputi ukuran, struktur, distribusi data dan perubahan jumlah penduduk.

Pengertian Demografi Wikipedia

Pada web ternama wikipedi, telah menjelaskan Demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan, meliputi ukuran, struktur, distribusi penduduk, bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan.

Pengertian Demografi Menurut Ahli

Selain itu, para ahli juga mengemukakan berbagai pendapat mengenai pengertian dari demografi yang diantaranya ialah :

Johan Susczmilch

Menurut Johan Susczmilch demografi adalah ilmu yang mempelajari hukum Ilahi dalam perubahan-perubahan pada umat manusia yang tampak dari kelahiran, kematian dan pertumbuhannya.

Achille Guillard

Achille Guillard mengemukakan bahwa, demografi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu dari keadaan dan sikap manusia yang dapat diukur.

Phillip M. Hauser dan Dudley Duncan

Menurut Philllip dan Dudley, demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang jumlah, persebaran teritorial dan komposisi penduduk serta perubahan-perubahan dan sebab-sebab perubahan tersebut.

Menurut V. Glass

Menurut V. Glass, demografi adalah ilmu yang secara umum terbatas untuk mempelajari penduduk yang dipengaruhi oleh proses demografis, yaitu : fertilitas, mortalitas dan migrasi.

Multilingual Demographic Dictionary (IUSSP, 1982)

 

Menurut Multilingual Demographic Dictionary (IUSSP, 1982) Demografi adalah ilmu mempelajari penduduk  terutama mengenai jumlah, struktur (komposisi penduduk) dan perkembangannya (perubahannya) dalam suatu wilayah.

Boque

Menurut boque Demografi adalah ilmu statistik dan matematika yang mempelajari ukuran, komposisi dan persebaran penduduk serta perubahannya pada suatu kurun waktu melalui proses fertilitas, mortalitas, perkawinan, migrasi serta perubahan penduduk

Hawthorn

Menurut Hwthon Demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi tingkat perkembangan dari 3 komponen (kelahiran, kematian dan migrasi) dan studi tentang dampak dari perubahan komposisi dan perkembangan dari penduduk

Donald J. Boague (1973)

Menurut Donald J. Boague (1973), demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistika dan matematika tentang besar, komposisi dan distribusi penduduk serta perubahan-perubahannya

George W. Barclay

 

Menurut George W. Barclay Demografi menurut ialah sebuah cabang ilmu yang menggambarkan penduduk di sesuatu wilayah dalam bentuk statistika dan mempelajari bagaimana tingkah laku penduduk secara keseluruhan.

Variabel demografi.

Demografi merupakan gambaran dari keseluruhan penduduk yang berada di suatu tempat tertentu. Demografi memiliki variabel utama yang paling berpengaruh terhadap perubahan komposisi penduduk seperti umur, jumlah, sebaran dan jenis kelamin.

Maka dari itu, demografi memiliki cakupan yang sangat luas Namun, biasanya demografi menggunakan objek atau variabel yang umum di kalangan masyarakat. Variabel tersebut dapat berupa:

Kelahiran (fertilitas atau natalitas)
Kematian (death/mortalitas)
Migrasi (perpindahan)

Tapi adapula lebih detailnya variabel demografi adalah: Kelahiran, Kematian, Status Perkawinan, Umur, Jenis Kelamin, Agama, Pekerjaan, Aset, Penghasilan dan masih ada objek-objek lain yang banyak digunakan sebagai variabel dalam demografi.

Tujuan demografi

Seperti yang telah kita ketahui, demografi merupakan kumpulan data dari keseluruhan penduduk. Tentunya demografi juga memiliki maksud dan tujuan yang tak lain adalah:

Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial pada suatu daerah tertentu.

Menjelaskan pertumbuhan masa lampau, baik itu penurunannya dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.

Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu dan mencoba memprediksikan pertumbuhan penduduk dimasa yang akan datang serta kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.

Mempelajari sebaran data penduduk dalam daerah tertentu.

Menelaah kependudukan pada masa yang akan datang.

Dengan demikian demografi adalah populasi penduduk dunia

Manfaat Demografi

Adapun manfaat demografi yang dapat diperoleh dari berbagai kalangan ketika mempelajari tentang demografi tersebut ialah sebagai berikut:

Membantu pemerintahan untuk evaluasi kinerja pembangunan pada daerah dengan penduduk tertentu.

Mempermudah pemerintah dalam membuat rancangan pembangunan fasilitas dalam berbagai bidang, baik bidang pendidikan, pertanian, kesehatan, industri dan lainnya.

Membantu pemerintah dalam memberikan bantuan kepada penduduk yang kurang mampu dalam sebuah tempat tertentu.

Mendokumentasikan data yang valid mengenai perkembangan ekonomi dalam suatu wilayah tertentu.

Demikian artikel mengenai demografi, semoga dapat bermanfaat bagi kalian.

Leave a Comment

error: Content is protected !!