Jenis-Jenis Drama

jenis-jenis drama

Jenis-jenis drama-Berikut ini adalah pembahasan tentang drama, baik dari pengertian drama, dan jenis-jenisnya drama, nah untuk itu yuk simak pembahasannya dibawah ini.

tapi sebelum, itu silahkan cari tempat yang nyaman dulu dan siapkan juga snack agar saat membaca artikel ini anda bisa nyaman dan tidak membosankan.

Pengertian Drama

Pengertian Drama

Drama adalah suatu bentuk karya sastra yang mengilustrasikan atau menggambarkan kehidupan dengan memediasi konflik melalui dialog. Drama juga dapat didefinisikan sebagai pementasan sebuah cerita yang dipraktikkan oleh beberapa karakter di atas panggung menggunakan naskah dan juga berisi pesan kepada penonton.

Jenis-jenis Daram dibedakan antaranya seperti:

Drama berdasarkan Penyajian Lakon

  1. Tragedi

Tragedi merupakan drama yang penuh dengan kesedihan. Drama ini menyuguhkan drama yang penuh kesedihan, sering pula drama jenis ini disebut drama duka cita. Biasanya, drama jenis ini mengangkat tema berunsur gelap seperti tentang kematian, bencana, serta penderitaan

  1. Komedi

Komedi merupakan sebuah drama yang menghibur dan penuh kelucuan. Tujuan jenis drama komedi ini dibuat untuk memberikan hiburan pada penonton.

  1. Tragekomedi

Tragekomedi merupakan sebuah drama perpaduan antara drama tragedi dan drama komedi. Cerita yang dibawakan layaknya drama tragedi dan dibawakan dengan cara berlebihan dan juga terdapat bagian selingan komedi.

  1. Opera

Opera merupakan drama yang dialognya yang dinyanyikan untuk mengiringi musik. biasanya diperankan aktor dengan suara bagus atau penyanyi dan diiringi orkestra lengkap.

  1. Melodrama

Melodrama adalah sebuah drama yang dialognya diiringi oleh melodi atau musik.

  1. Farce

Farce adalah sebuah drama yang hampir mirip dengan dagelan, tetapi tidak sepenuhnya dagelan.

  1. Tablo

Tablo adalah sebuah drama yang memprioritaskan gerakan-gerakan di mana para aktor tidak mengatakan dialek mereka, tetapi cukup untuk melakukan gerakan-gerakan itu.

  1. Sendratari

Sendratari merupakan sejenis drama yang menggabungkan tari dan drama

Jenis Drama Berdasarkan Sarana Pementasannya

jenis-jenis drama

  1. Drama panggung yakni jenis drama yang dimainkan diatas panggung
  1. Drama radio yakni sebuah drama yang tidak bisa diraba dan dilihat, namun bisa didengarkan oleh para penikmat drama
  2. Drama televisi yakni jenis drama yang nyaris sama dengan drama panggung, namun perbedaannya hanya tidak bisa diraba.
  3. Drama film yakni  jenis drama yang menggunakan layar besar yang biasanya ditampilkan di bioskop
  4. Drama wayang yakni jenis drama yang diiringi dengan pagelaran wayang
  5. Drama boneka yakni sebuah jenis drama dimana para tokohnya diilustrasikan dengan boneka dan dimainkan oleh beberapa orang.
  6. Drama berdasarkan ada dan tidaknya naskah drama
  1. Drama modernyaitu sebuah jenis drama yang menggunakan naskah dimana drama ini bertolak dari hasil sastra yang tersusun untuk pementasan
  1. Drama tradisional atau klasik yaitu jenis drama yang tidak menggunakan naskah drama dan drama ini bersumber dari tradisi suatu masyarakat yang sifatnya improvisatoris dan spontan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *